Contoh Upload Data Payroll Melalui BIB - Rabo Bank

Contoh Upload Data Payroll Melalui BIB - Rabo Bank

Langkah 1 – Daftar Payroll

Fitur Daftar Payroll dengan metode/layanan Transfer Overbooking direpresentasikan 8 laman.

- Pada laman pertama ini, Jika creator memiliki akses ke perusahaan lain yang berada dalam satu holding/grup perusahaan, maka silakan memilih perusahaan yang mana isi payroll akan terdaftar.

- Kemudian tekan tombol “tambah” untuk menambahkan daftar payroll overbooking.

 

Langkah 2– Daftar Payroll Details

Pada laman kedua, Creator memilih scope, user group, Nama Payroll, Deskripsi Payroll dan Jenis Transfer.

- Langkah pertama, pilihan scope terdiri dari ‘Company’ dan ‘User Group’. Silakan pilih Company jika Daftar Payroll yang akan didaftarkan dapat digunakan oleh semua user dicompany atau silakan pilih User Group jika payroll hanya dapat digunakan oleh user dari group user yang mempunyai akses.

- Untuk jenis group user di kolom ‘User Group’. Silakan pilih ‘Own Group’ jika daftar Payroll yang akan didaftarkan hanya dapat diakses oleh group user dari user Creator atau silakan Pilih ‘Multiple Group’ jika Daftar Payroll yang baru dapat diakses oleh beberapa user group.

- Langkah terakhir adalah Nama Payroll, Deskripsi Payroll dan pilihlah Jenis Transaksi dengan pilihan Transfer Overbooking.

- Tekan tombol “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses tambah daftar payroll overbooking. Tekan tombol “Kembali” untuk membatalkan proses dan kembali ke laman sebelumnya.

 

Langkah 3 –Isi Payroll

Pada laman ini, isi payroll masih belum terisi rekening tujuan transfer. Creator akan menambahkan rekening tujuan ke dalam daftar payroll.

- Silakan klik Upload untuk menambahkan rekening tujuan ke dalam payroll dengan metode input rekening tujuan dengan upload file.

Langkah 4 Tambah Isi Payroll

Pada laman ini, Creator mengunggah data payroll.

- Langkah pertama silakan klik browse untuk mengunggah data payroll, lalu pilih file yang akan diunggah. Pastikan format file dan data disimpan sudah sesuai. Format file yang dapat diunggah adalah dalam format csv atau txt. Untuk tanda separator di file tersebut adalah tanda ; atau tanda , . Urutan kolom dalam file tersebut dapat dilihat pada tampilan di layar.

- Untuk jenis overbooking adalah:
* Nominal Transfer
* Alias tujuan transfer
* Nomor Rekening tujuan transfer
* Isi Berita transfer

- Untuk alias tujuan transfer atau nomor rekening tujuan transfer yang dapat dipakai adalah yang terdaftar di daftar tujuan transfer
overbooking.

- Langkah terakhir adalah memasukkan 8 angka yang tampil pada layar Rabo Online Business pada token creator menggunakan fitur APPLI-2 token Rabo Online Business.

- Lalu memasukkan 8 digit angka tanggapan yang tampil pada layar token Creator pada field yang tersedia di layar Rabo Online Business.

- Jika setuju terhadap file yang diunggah sebagai tujuan transfer overbooking tekan tombol “Lanjutkan”. Tekan tombol “Kembali” untuk membatalkan proses tambah isi batch dan kembali ke laman sebelumnya.

Langkah 5 – Tambah Isi Payroll – Detail Isi Periksa Ulang

Pada laman ini, Creator dapat memeriksa ulang rincian transaksi yang telah diunggah pada laman sebelumnya. Dan Creator dapat melihat daftar transfer overbooking yang telahdiunggah pada laman sebelumnya

- Rincian yang dapat diperiksa ulang adalah:
* Nama Payroll
* Deskripsi
* Jenis Transaksi
* Nomer Rekening
* Nama Penerima
* Nominal Transfer
* Total data transfer yang diunggah
* Total data transfer yang berhasil ditambahkan
* Total data yang gagal ditambahkan, umumnya ada kesalahan di format file atau nomor rekening tujuan yang tidak terdaftarkan
di daftar rekening tujuan transfer.

- Jika ada rincian transaksi yang perlu diperbaiki, maka Creator dapat kembali ke laman sebelumnya dengan mengklik tombol ‘Kembali’.

- Jika ada rincian transaksi yang perlu diperbaiki, maka Creator dapat kembali ke laman 8 sebelumnya dengan mengklik tombol ‘Kembali’.

- Jika semua rincian transaksi telah sesuai dengan transaksi yang akan dilakukan, maka Creator dapat mengkonfirmasi instruksi
transaksi terkait dengan memasukkan kode keamanan atau kode APPLI-1 dari token Creator pada bagian Kode Keamanan atau APPLI1, lalu mengklik tombol Lanjutkan.

 

Langkah 6 – Isi Payroll

Pada laman ini, rekening tujuan transfer sudah muncul kedalam isi Payroll.

- Untuk menambahkan rekening tujuan transfer, silakan Klik tambah untuk menambahkan list payroll secara satu persatu atau klik Upload untuk mengunggah beberapa list payroll .

- Apabila isi payroll sudah sesuai dengan yang diinginkan Creator, maka silakan klik Lanjutkan.

 

Langkah 7 – Isi Payroll – Periksa Ulang

Pada laman ini, Creator dapat memeriksa ulang kembali rincian transaksi yang telah dimasukkan pada laman sebelumnya.

- Rincian yang dapat diperiksa ulang adalah:
* Nama Payroll
* Deskripsi
* Jenis Transaksi
* Total Nominal
* Nomer Rekening
* Bank Tujuan
* Nama Penerima
* Nominal Transfer
* Mata Uang
* Berita

- Jika ada rincian transaksi yang perlu diperbaiki, maka Creator dapat kembali ke laman sebelumnya dengan mengklik tombol ‘Kembali’.

- Jika semua rincian transaksi telah sesuai dengan transaksi yang akan dilakukan, maka Creator dapat mengkonfirmasi instruksi transaksi terkait dengan memasukkan kode keamanan atau kode APPLI-1 dari token Creator pada bagian Kode Keamanan atau APPLI1, lalu mengklik tombol Lanjutkan.

 

Langkah 8 – Bukti Daftar Payroll

Setelah Creator mengkonfirmasi transaksi, maka Creator mendapatkan laman Konfirmasi ini dan transaksi akan masuk antrian persetujuan transaksi yang sesuai dengan kebijakan perusahaan.

- Laman konfirmasi ini memuat beberapa rincian yang penting sebagai berikut:
* Nomor referensi transaksi Rabo Online Business. Nomor referensi ini adalah unik untuk setiap transaksi dan karenanya dapat digunakan sebagai identifikasi transaksi.
* Tanggal dan jam transaksi tersebut dibuat oleh Creator.
* Scope
* Nama Payroll
* Deskripsi
* Jenis Transaksi
* Total Jumlah Transfer
* Nomor Rekening Tujuan
* Nama Penerima Dana
* Jumlah Transfer
* Mata Uang
* Berita

- Status transaksi terkait, yang memiliki beberapa kemungkinan nilai tergantung pada kebijakan persetujuan transaksi milik perusahaan terkait.

- Jika Reviewer diperlukan, maka status transaksi seharusnya adalah Siap ditinjau.

- Jika Reviewer tidak diperlukan, maka status transaksi seharusnya adalah Siap diotorisasi.

- Creator dapat melihat versi cetak laman konfirmasi ini dengan mengklik tombol ‘Cetak Konfirmasi’. Saat tombol tersebut diklik, maka versi cetak laman Konfirmasi akan muncul dalam sebuah pop-up window. Bukti Daftar Payroll.

  

Tambahkan Komentar