Setting Port Forwarding dan DDNS

Setting Port Forwarding dan DDNS

A. PENDAHULUAN

A.1 PORT FORWARDING      

Port Forwarding adalah salah satu fitur dari  router yang berfungsi untuk dapat melakukan akses terhadap perangkat pada jaringan lokal dari internet. Prinsipnya pengalihan koneksi dari suatu IP dengan nomor Port tertentu ke IP lain dengan Port yang sama. Port Forwarding ini kita hanya bisa menggunakan 1 IP Public untuk mengakses/meredirect kan IP Public tersebut ke beberapa komputer di jaringan local kita dengan mengganti port nya saja.

A.2 DDNS

Seperti yang kita ketahui IP Address ada 2 lingkup yaitu  IP Address Lokal dan IP Address Publik. Disebut IP Address lokal karena secara fisik, semua peralatan jaringan yang terhubung berada di satu area LAN. IP Address Publik adalah IP Address yang digunakan oleh kita sebagai address untuk berkomunikasi dengan address lainnya di internet. Address publik ini menjadi hal penting saat kita ingin mengakses resource komputer/device jaringan lainnya dari luar, contoh akses server. IP Address ini kita dapatkan secara otomatis dari provider seperti indihome, IP Address ini ada yang statik dan dinamik tergantung dari paket yang kita ambil. IP Dinamik adalah adalah IP yang biasanya akan berubah setiap koneksi internet kita terputus. IP Statik adalah IP yg dialokasikan dan diberikan secara langsung dari pihak ISP , ketika restart komputer  IP  kita tidak akan berubah namun biasanya koneksi internet dengan IP Address publik statik biaya perbulannya sangat mahal.
Nah, bagaimana jika internet yang terpasang di rumah koneksinya menggunakan IP Address publik yang selalu berubah (IP Dinamik)? Disinilah fungsi DDNS sebenarnya. DDNS akan mengatasi IP Address publik yang selalu berubah dengan host name. Jadi berapapun IP Address yang sedang kita dapat, DDNS akan mengubahnya menjadi hostname. Seperti apa sih DDNS? Seperti telah dijelaskan sebelumnya DDNS akan mengubah IP Address publik ke hostname. Jadi DDNS itu sendiri berupa service dari pihak ketiga berupa hostname. Ada yang berbayar dan banyak pula yang free, kita cukup meregister dengan email yang kita punya, kitapun siap membuat hostname yang kita inginkan.

 

B. SETTING PORT FORWARDING SQL SERVER

Berikut ini adalah cara untuk melakukan konfigurasi terhadap Port Forwarding untuk SQL Server :

1. Pastikan instal SQL Server tidak mengandung inisial instance name. Contoh: “[NAMA_KOMPUTER]\SQL2014”. Harus Default name “[NAMA_KOMPUTER]”

2. Buka SQL Configuration Manager pilih SQL Network Configuration -> Protocols for MSSQLSERVER.

 

3. Tampil beberapa Protocol Name, ubah semua statusnya menjadi Enable  dengan cara klik 2x Protocol Name sehingga tampil jendela sebagai berikut. Pilih Enabled = Yes, kemudian klik OK untuk menyimpannya.

4. Setelah semua Protocol Name statusnya Enable, ubah TCPPort IPAll pada Protocol TCP/IP menjadi 1433, caranya klik 2xProtocol Name TCP/IP kemudian pilih tab IP Adress. Pilih IPAll kemudian isikan TCPPort dengan angka 1433. Setelah selesai klik OK untuk menyimpan.

5. Setelah setting di SQL Configuration Manager Selesai, selanjutnya restart MSSQLSERVER dengan cara pilih SQL Server Service kemudian klik kanan pada SQL Server (MSSQLSERVER) pilih Restart.

6. Konfigurasi pada SQL Server Configuration Manager selesai, selanjutnya setting Windows Firewall untuk memperbolehkan koneksi masuk ke TCP Port SQL Server. Buka Windows Firewall with Advance Security pilih Inbound Rules.

7. Pilih New Rule, pada jendela Rule Type pilih Port kemudian klik Next.

8. Pada jendela Protocol and Port, pilih TCP dan kolom Specifik Local Port isikan angka 1433 kemudian klik Next.

9. Pada jendela Action pilih Allow the Connection kemudian pilih Next.

10. Pada jendela Profile checklist Domain, Private dan Public kemudian klik Next.

11. Pada jendela Name, masukkan nama MSSQLSERVER atau lainnya pada kolom Name kemudian klik Finish.

12. Arahkan Port Forwarding pada Router ke PC (SQL SERVER), Port Forwarding pada setiap router bisa memiliki nama yang berbeda. Contoh : Virtual Server, DMZ Server, Allias Server, Port Forwarding, UpnP, Application Server, Application.

Contoh setting pada modem Indie Home ZTE F609:

a.Login ke modem ZTE F609 dengan mengetikkan No. IP Address pada browser. Jika lupa atau belum mengetahui No.IP Adress Router kita bisa mengetahuinya dengan membuka situs http://www.ipadress.com.

b. Setelah mengetikkan No. IP Adress di browser, maka akan tampil jendela log in ke router, masukkan username dan password.

c. Setelah log in pilih Application -> Port Forwarding , sehingga tampil seperti jendela dibawah ini.

d. Masukkan data  seperti gambar di bawah ini.

 

C. SETTING DDNS

Contoh berikut adalah setting DDNS modem ZTE F609, dengan menggunakan jasa penyedia hostnamehttp://www.noip.com (free/gratis). Selain situs tersebut, terdapat beberapa situs penyedia hostname antara lainhttp://www.dyndns.com, http://www.dlinkddns.com  dll.

1. Registrasi ke penyedia hostname, contoh cara registrasi pada http://www.noip.com.

a. Buka situs http://www.noip.com, maka tampil jendela situs sebagai berikut. Pilih Sign Up untuk melakukan registrasi.

b. Masukkan email, username, password dan nama hostname setelah selesai kemudian klik Create My Free Account.

c. Buka e-mail yang digunakan untuk mendaftar http://www.noip.com, buka e-mail dari http://www.noip.com untuk melakukan aktivasi.

d. Setelah klik tombol aktivasi maka akan tampil jendela sebagai berikut, klik Create a Hostname Now.

e. Masukkan hostname kemudian klik Add Hostname.

2. Setting DDNS pada modem ZTE F609

a. Login ke modem

b. Buka menu Application -> DDNS

 

Enable Checklist
Server Type Pilih sesuai dengan server yang dipakai, contoh No-IP
Server Diisi alamat situs server penyedia hostname
Username Diisi username yang terdaftar pada situs penyedia
Password Diisi passwordnya
WAN Connection Pilih omci_ipv4_pppoe_1
Hostname Masukkan hostname terdaftar

 c. Setelah selesai klik Submit.

 

 

Klik untuk download artikel ini

 

Batik Software - Software Payroll

#software_payroll #softwaregaji #softwarepayroll #payroll #pengajian #humanresource #softwarepayrollgaji #SoftwareHuman #SmallPayroll #payrollcalculator #OnlinePayroll #PayrollSystem #PayrollManagement #batiksoftware #www.batiksoftware.com

  

Tambahkan Komentar