Cara Restore Database SQL Server

Cara Restore Database SQL Server

Restore adalah proses mengembalikan atau copy file backup database. Syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan restore adalah sebagai berikut:

  • Ada file backup sebagai bahan yang akan direstore, biasanya file ekstentionnya adalah .bak. Contoh: BATIKPAYROLL.bak
  • Ada database yang akan direstore dan sudah di attach pada SQL Server.

Cara melakukan restore:

1) Buka SQL Server Management Studio yang digunakan, kemudian masuk dengan input Server name, Login dan Password lalu klik Connect.

2) Pada Object Explorer pilih folder Database lalu pilih nama database yang akan direstore, kemudian klik kanan pilihTask -> Restore -> Database.

3) Akan tampil jendela Restore Database, terlihat kolom Source yang berisi pilihan Database dan Device. Pilih Devicekemudian klik tanda elipsis untuk mengambil file backup yang akan direstore.

4) Tampil jendela Select backup device, pilih tombol Add untuk mengambil file backup yang akan direstore.

5) Cari lokasi penyimpanan file backup, kemudian klik file backup (biasanya berekstensi .bak) lalu klik OK.

6) Sehingga jendela Select backup device akan tampil seperti gambar dibawah ini, klik OK untuk melanjutkan.

7) Pada kolom Destination, masukkan nama database pada kolom Database. Nama database jangan memakai spasi, gunakan saja tanda underscore (_) jika hendak memakai spasi.

8) Selanjutnya pilih Files, sehingga tampil jendela sebagai berikut. Pada kolom Restore As, ikuti langkah a s/d d untuk mengubah folder penyimpanan database. Jika tidak akan diubah atau default sesuai dengan folder database sebelumnya maka lanjut ke Option.

Langkah mengubah folder penyimpanan database restore:

a. Pada baris pertama Logical File Name yang bertipe Rows Data, pilih tombol elipsis.

b. Sehingga tampil jendela sebagai berikut. Pilih folder penyimpanan dan masukkan nama file yang diberi ekstention .mdf kemudian klik OK.

c. Pada baris kedua Logical File Name yang bertipe Log, pilih tombol elipsis.

d. Sehingga tampil jendela sebagai berikut. Pilih folder penyimpanan dan masukkan nama file yang diberi ekstention .ldf kemudian klik OK.

9) Pilih Option, kemudian checklist kolom Overwrite the existing database.

10) Kemudian klik OK untuk mulai memproses restore, sehingga tampil proses pada jendela kanan atas. Tunggu hingga proses restore selesai.

11) Setelah proses selesai maka akan tampil jendela sebagai berikut. Klik OK untuk untuk menutupnya.

Klik untuk download artikel ini

 

Batik Software - Software Payroll

#software_payroll #softwaregaji #softwarepayroll #payroll #pengajian #humanresource #softwarepayrollgaji #SoftwareHuman #SmallPayroll #payrollcalculator #OnlinePayroll #PayrollSystem #PayrollManagement #batiksoftware #www.batiksoftware.com #restore #database

  

Tambahkan Komentar